Tips Memperbaiki Hard Disk Rusak

  • Whatsapp

Tips Memperbaiki Hard Disk Rusak – Hard Disk merupakan media penyimpanan yang memiliki peranan penting dan wajib dimiliki oleh PC Desktop, Notebook, Netbook atau bahkan Gadget.

Bentuk struktur Hardisk pada umumnya dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Hardisk 3.5 dan Harddisk berukuran 2.5. Struktur IO Hardisk pada umumnya dibagi menjadi 2 kelompok pula, yaiut ATA yang akhir-akhir ini sudah jarang kita jumpai, serta SATA yang digunakan oleh hampir sebagian piranti komputer saat ini. Perlu diketahui media penyimpanan Hardisk tersusun atas sebuah cakram/lempengan besi yang berputar pada porosnya dengan hitungan RPM/Rotasi Per Menit.

Oleh karena media penyimpanan Hardisk berupa cakram/lempengan besi yang berputar terus menerus ketika beroperasi maka media ini sangat rentan terhadap getaran ketika bekerja. Hal tersebut dapat berakibat terjadinya goresan yang lebih dikenal dengan istilah Bad Sector. Bad Sector sendiri dibagi menjadi dua yaitu Software Badsector & Hardware Badsector.

Untuk kerusakan Software Badsector hampir 90% Hardisk masih dapat diperbaiki atau

image

diselamatkan, untuk melakukan reparasi kerusakan hard disk seperti ini, kita dapat menggunakan beberapa tools atau software diantaranya recovery tools, hdd low level format, partition manager. Tapi jangan kuaitir semua tool tersebut anda dapat jalankan secara bersamaan dengan menggunakan live cd Hanewin Boot. berdasarkan pengalaman saya tool tersebut memiliki banyak pilihan aplikasi yang dapat digunakan.
mungkin segitu dulu pembahasan kita kali ini, saran dan komentar dari sahabat sangat dinanti, salam onklik :).

Related posts