Cara Menghemat Kuota Internet Dengan Data Seluler

  • Whatsapp

Onklik.com – Pemakaian ponsel kini telah menjadi suatu kebutuhan wajib untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Mulai dari urusan pekerjaan, bertukar informasi, memesan kendaraan, membeli makanan dan minuman, mendengar musik, menonton film, hingga membeli tiket atau membayar tagihan. Semua tidak lepas dari ponsel.

Guna menunjang semua hal tersebut, kamu harus mengunduh banyak aplikasi dan membutuhkan kuota dan jaringan internet yang mumpuni. Meski begitu, ternyata aplikasi yang ada pada ponsel kamu tetap menyerap kuota meski tidak kamu gunakan. Apabila kamu tidak menerapkan cara hemat kuota, pastinya akan terjadi pemborosan yang membuat kamu harus terus melakukan isi ulang.

Untuk itu berikut Onklik bagikan beberapa tips agar sahabat dapat menghemat kuota Internet dari data selular, tips ini dijamin ampuh untuk mengurangi beban kuota sahabat,  yuk disimak.

Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang tidak diperlukan dapat memakan banyak data seluler secara tidak perlu. Oleh karena itu, pastikan untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak kamu gunakan secara teratur. Kamu juga dapat menggunakan fitur “Data Saver” yang tersedia di banyak aplikasi untuk mengurangi penggunaan data seluler.

Batasi Penggunaan Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dapat memakan banyak data seluler karena konten yang terus diperbarui. Cobalah untuk membatasi penggunaan media sosial dan hanya mengaksesnya ketika kamu terhubung dengan Wi-Fi.

Matikan Pembaruan Otomatis

Pembaruan otomatis aplikasi dapat memakan banyak data seluler tanpa disadari. Pastikan untuk mematikan pembaruan otomatis di pengaturan perangkat kamu atau hanya mengizinkannya ketika terhubung dengan Wi-Fi.

Gunakan Aplikasi yang Hemat Data Seluler

Beberapa aplikasi telah dirancang khusus untuk menghemat data seluler, seperti Google Chrome dan Opera Mini. Kamu dapat mengunduh aplikasi-aplikasi ini untuk menghemat penggunaan data seluler.

Gunakan Fitur Komprimasi Data

Beberapa operator seluler menyediakan fitur komprimasi data yang dapat membantu menghemat penggunaan data seluler. Kamu dapat memeriksa apakah operator seluler kamu menyediakan fitur ini dan mengaktifkannya jika tersedia.

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi yang terakumulasi dapat memakan banyak ruang penyimpanan dan memperlambat perangkat kamu. Selain itu, cache dan data aplikasi juga dapat memakan banyak data seluler. Pastikan untuk secara teratur menghapus cache dan data aplikasi yang tidak kamu gunakan.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kamu dapat menghemat kuota internet dan mengurangi pengeluaran untuk penggunaan data seluler. Jangan lupa untuk selalu memantau penggunaan data seluler kamu dan mengoptimalkan penggunaan internet agar lebih efisien.

Related posts