Tips Dasar Mengikuti Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021-2022

  • Whatsapp
Peserta Tes CPNS
Peserta Tes CPNS

onklik.comDi era modern seperti sekarang ini, tingkat persaingan kerja makin hari makin sulit, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak saja, jelas kita harus punya modal penting yaitu pendidikan. Khususnya di Indonesia jenjang karir harus di bangun sejak usia dini, dimana kita harus mengenyam bangku sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi atau sekolah kedinasan lainnya yang nantinya dapat berlanjut ke dunia kerja.

Nah bagi sahabat yang sebentar lagi menyelesaikan jenjang perkuliahan, tentu saja sudah bersiap-siap dan tak sabar menanti yang namanya tes CPNS. Tes tersebut umumnya di lakukan berdasarkan keputusan pemerintah pusat maupun daerah sesuai kriteria atau lowongan pada instansi terkait yang mengalami kekosongan.

Nah, tentunya sebelum kita mempersiapkan diri untuk mengikuti tes CPNS kita harus mempelajari apa saja yang harus di pelajari dan bagaimana kiat-kiat terbaik agar kita dapat meraih hasil maksimal, untuk itu berikut ini ada beberapa tips lolos tes CPNS yang bisa kamu persiapkan dari sekarang. Yuk, disimak.

Kiat dasar agar tidak gagal dalam pendaftaran seleksi CPNS?

Memperhatikan berkas online

Dengan antusias yang besar, kamu ingin segera mendaftar seleksi dengan mengumpulkan berkas secara online. Kadang, karena buru-buru, kamu jadi nggak memperhatikan berkas apa saja yang harus di-submit. Setiap instansi punya syarat dan ketentuan masing-masing. Untuk itu, coba lebih tenang dan lakukan pendaftaran secara hati-hati dan perhatikan dokumen yang diminta.

Wajib mempersiapkan surat keterangan akreditasi

Salah satu syarat yang harus dipenuhi kalau kamu melamar CPNS dengan kualifikasi pendidikan D3, S1, S2, atau S3 adalah ijazah dan surat akreditasi perguruan tinggi. Jadi, pastikan kamu menyiapkan berkas yang satu ini, ya. Minimal akreditasi perguruan tinggi ini adalah B.

Teliti dalam mengisi data

Karena terburu-buru mengisi data, kadang kamu lupa untuk mengecek apakah data yang kamu input sudah benar atau belum. Baiknya carilah waktu yang tepat agar sahabat bisa merasa nyaman dan tak terburu-buru. Siapkan berkas dan syarat-syaratnya agar saat mengisi data lebih mudah dan cepat.

Wajib menguasai materi SKD

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), adalah seleksi awal sebelum tes selanjutnya. SKD ini terdiri dari 3 materi soal yaitu TKP, TIU, dan TWK. Kurang belajar dan manajemen waktu yang buruk jadi penyebab banyak yang gagal di tes ini. Kunci agar berhasil adalah banyak latihan, belajar manage waktu, dan tahu trik mengerjakan soalnya. Berdasarkan Permenpan RB NO 27 Tahun 2021, waktu pengerjaan SKD adalah 100 menit dan 130 menit bagi penyandang disabilitas.

Related posts