Mempercepat Browser Firefox

  • Whatsapp

Mempercepat Browser Firefox – Bukan rahasia lagi firefox merupakan salah satu browser yang paling digemari oleh para  pengguna pc desktop untuk berselancar didunia maya. Alasannya jelas, firefox memberikan banyak kemudahan dalam berinternet, dengan didukung berbagai plugin dan ads on firefox tampil memimpin sebagi permbah favorit pilihan netter.

Namun seiring berkembangnya teknologi internet browser ini semakin terasa berat jika digunakan pada pc berkecepatan dibawah rata-rata, sehingga banyak dari sahabat yang mungkin beralih ke perambah lainnya seperti google chrome, opera atau lainnya.

Pertanyaanya, apakah bisa firefox bekerja maksimal di pc dengan spesifikasi dibawah rata-rata, jawabannya “Bisa”. Untuk itu lewat artikel ini saya akan berbagi tips memaksimalkan kinerja firefox dalam lima langkah mudah.

Firefox Optimized

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser firefox anda, kemudian ikuti petunjuk berikut.

1. Batasi kapasitas cache memori
Setiap kali Anda membuka sebuah halaman web, Firefox otomatis akan menyimpannya dalam cache memori. Secara default Firefox menggunakannya sebesar jumlah maksimal RAM PC anda. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja komputerr anda yang terbilang pas-pasan. Untuk membatasinya tambahkan opsi: buka tab halaman baru lalu masukan “about:config” tanpa tanda petik, kemudian search/cari browser.cache.memory.capacity. ubah nilainya, caranya klik kanan, New > Integer. Ketik browser.cache.memory.capacity, enter, masukkan angka 2048. 2048 disini artinya gunakan cache memori maksimal hanya 2 Mega. Anda bisa mencoba dengan angka yang lain, namun usahakan merupakan kelipatan dari 1024.

2. Batasi kapasitas cache history
Sama seperti cache memori, perbedaannya cache yang digunakan oleh Firefox lebih ditujukan untuk mempercepat proses loading halaman saat Anda menekan tombol back dan forward pada browser. Apabila Anda jarang memakai back dan forward, ada baiknya Anda set dengan nilai kecil guna menghemat memori PC anda. sama seperti cara sebelumnya anda tinggal mencari browser.sessionhistory.max_total_viewers, ubah nilai -1 menjadi 3. Default -1 artinya gunakan semaksimal RAM yang ada.

3. Batasi extension/add-ons
Semakin banyak add-ons yang Anda gunakan, semakin besar RAM yang dihabiskan. Disable add-ons yang kurang Anda gunakan. Untuk membandingkan performa memori yang digunakan saat menggunakan dan tanpa add-ons dapat dilakukan dengan mencoba menjalankan Firefox pada kondisi safe-mode. Caranya dengan perintah: $ firefox -safe-mode. Pada pilihan yang muncul pastikan Anda beri tanda pada opsi: Disable all add-ons jika dirasa lebih ringan coba matikan beberapa fungsi add-ons.

4. Batasi kapasitas cache disk
Secara default Firefox memberikan ukuran cache disk sebesar 50 Mb. Tentunya ini pemborosan memori. mengubah kapasitasnya menjadi 2 MB dapat memberikan performa yang lebih baik, khususnya bagi PC dengan memori dibawah 512 MB. Sama seperti cara pada poin satu, masukan pencarian browser.cache.disk.capacity, ubah nilai 50000 menjadi 2000 ini akan memberikan dampak yang cukup baik bagi respon firefox.

5. Disable Flash
Tahukah anda bahwa animasi flash yang di load saat Anda membuka web memakan resource RAM yang lumayan besar. Konsekuensinya adalah waktu loading menjadi lebih lambat dan berat, resource RAM yang dipakai merupakan akumulasi dari jumlah flash yang dibuka sebelumnya. Caranya dengan mengunduh flashblock add-ons yang tersedia pada pengaya Firefox.

Test Kinerja Firefox

Setelah anda melakukan kelima proses diatas, saatnya anda mencoba untuk mengetahui kinerja dari browser. Buka browser seperi biasanya, lanjutkan dengan menekan CTRL – DEL dan menuju ke task manager. Buka beberapa link dibrowser dan pantau kinerja pc melalui panel Task Manager, jika dirasa perfoma PC anda kemabali normal maka optimisasi yang anda lakukan telah berhasil.

Mempercepat Browser Firefox

Related posts