Trojan Penyusup Akun Facebook

  • Whatsapp

Internet Onklik – Kabar baru tentang berkembangnya trojan kembali terangkat ke publik, baru-baru ini pihak Microsoft seperti yang dilansir dari laman cnet.com (13/05/2013) mengeluarkan peringatan bahwa sebuah malware baru yang berkedok sebagai ekstensi Google Chrome dan Firefox Add-on telah membuat sebuah jaringan yang mengancam akan membajak akun-akun Facebook diseluruh dunia.

Untuk diketahui Malware tersebut pertama kali terdeteksi di Negara Brasil, dalam catatan security bulletin Microsoft Jum’at lalu malware ini berjenis Trojan: JS/Febipos.A yang mencoba untuk terus up to date sehingga sama seperti ekstensi browser yang sah dan normal pada umumnya. Setelah diunduh oleh pengguna browser, Trojan akan memantau apakah komputer yang terinfeksi melakukan login ke akun Facebook dan akan berusaha mengunduh file-file yang ada pada konfigurasi browser mencakup daftar perintah pada ekstensi browser mulai dari History sampai Cookies laman Facebook.

Malware tersebut bahkan dapat melakukan berbagai macam perintah yang terdapat di Facebook seperti menyukai sebuah halaman, share, posting, join group, dan mengobrol dengan akun teman Facebook lainnya.

Beberapa dari varian malware tersebut mampu membuat perintah untuk mengirim pesan provokatif dalam bahasa Portugis yang berisi link ke halaman Facebook lainnya. Jumlah like dan share pada salah satu halaman tersebut terus bertumbuh selama ahli malware di Microsoft menganalisis Trojan tersebut, yang artinya infeksi tersebut masih terus terjadi. Jadi bagi anda pengguna browser Google Chrome dan Firefox harap berhati-hati dalam megunduh dan menginstall ekstensi ke browser yang anda gunakan, semoga artikel ini bermanfaat – salam onklik :).

trojan

Related posts