Cara Menggunakan WeChat

  • Whatsapp

WeChat – Onklik, Jika ditanya aplikasi mobile chat apa yang menjadi pilihan utama saya diponsel pintar Android, jawabannya sudah pasti WeChat.

Tanpa mengurangi nilai fitur dari aplikasi-aplikasi mobile chat lainnya, ketika pertama kali berkenalan dengan WeChat dan mulai menggunakannya, serasa aplikasi yang satu ini memberikan sesuatu yang berbeda dalam dunia mobile chat.

Fitur-fitur sederhana, mudah dimengerti dan bernilai cerdas ini membuat penggunanya betah berlama-lama bermain dengan aplikasi Mobile Chat yang satu ini. Bagi anda yang baru menggunakan aplikasi mobile chat WeChat lewat artikel ini onklik akan berbagi tips-tips menggunakan aplikasi WeChat, mulai dari cara menambah teman via contact sampai pada membuat status di menu Social.

1. Cara menambah teman lewat kontak telepon

Pertama kali menggunakan WeChat tentu saja kita belum memiliki teman untuk diajak berbagi lewat menu chatting, untuk menambahkan teman chat lewat daftar kontak telepon, dapat menggunakan menu Contact pada WeChat, dengan cara ini kita bisa tahu kontak mana saja yang sudah menggunakan WeChat dan kita bisa langsung menambahkannya ke dalam teman WeChat.

2. Cara menambah teman lewat ID WeChat

Ketika pertama kali memasang WeChat pada ponsel pintar, kita akan mendapat nomor ID. Layaknya nomor telepon, nomor ID ini bisa disimpan pengguna WeChat lain dan menjadikan ID tersebut kontak. Dengan menambahkan ID orang lain pada WeChat kita secara otomatis orang tersebut menjadi teman WeChat kita.

3. Cara menambah teman secara random dengan menu SHAKE

Teman WeChat juga bisa ditambahkan dengan cara unik yakni dengan menggoyangkan gadget kita, caranya buka aplikasi WeChat dan pilih “Shake”, maka kita otomatis akan terhubung dengan pengguna WeChat lainnya yang juga sedang menggunakan fasilitas yang sama secara random.

wechat-1

4. Cara menambah teman satu kota dengan Look Around

Dengan menggunakan menu Look Around, kita dapat menambah teman WeChat dengan memindai pengguna WeChat lain yang berada di dekat kita, dalam jangkauan satu kota. Bila hasil pencarian menemukan ada pengguna WeChat lain dalam jangkauan kita maka Anda bisa memulai dengan membuka obrolan lalu bila orang tersebut berkenan Anda bisa menambahkannya menjadi teman WeChat Anda.

wechat-2

5. Cara menambahkan Teman menggunakan QR Code

Ketika kita membuat sebuah akun di mobile chat WeChta, secara otomasis kita akan mendapatkan pengenal berupa barcode yang unik. Kode tersebut berisi data profil WeChat kita yang bila dideteksi atau di-scan orang lain dengan memasangkan kamera pada Barcode tersebut, secara otomatis kita akan menjadi teman baru mereka.

wechat-3

6. Membuat Group Chat

Aplikasi WeChat juga menyediakan bagi anda fitur untuk membuat Group Chat sehingga anda dapat mengelompokan teman-teman di laman obrolan anda berdasarkan kategori, contohnya rekan kerja, sahabat, keluarga atau lainnya. Untuk membuat Group chat pilih menu Wizard di sudut kanan atas, klik New Chat, kemudian tambahkan kontak yang ingin anda masukan kedalam Group.

wechat-4

7. Membuat Status dengan Foto di WeChat

Pada Aplikasi Mobile Chat WeChat, anda dapat berbagi status yang berisi foto dengan sesama teman pengguna WeChat, masuk ke menu Social > Moments > Klik Icon Kamera pada sudut kanan atas, kemudian tambahkan momen foto anda lalu dilanjutkan dengan membuat status.

wechat-5

8. Membuat Status Tanpa Foto di WeChat

Selain menggunakan foto, ternyata kita dapat membuat status di Mobile Chat WeChat tanpa menggunakan foto, dengan kata lain kita hanya menggunakan text untuk membuat moment status kita, hampir seperti cara di nomor 7, namun ketika akan membuat status tekan dan tahan icon Kamera selama beberapa detik, ingat !! tahan icon berlingkaran merah selama beberapa detik.

wechat-6

Itulah beberapa tips menggunakan Mobile Chat WeChat, nantikan artikel-artikel menarik lainnya yang mebahas tentang WeChat pada postingan-postingan berikutnya, salam Onklik :).

wechat-7

Related posts