5 Tips Menggunakan Google Vol.I

  • Whatsapp

Salam Onklik, Anda tentu sudah tau apa dan bagaiman Google.com, Ya sebuah mesin pencari nomor wahid didunia, dengan pengkodean dan teknologi mutakhirnya google mampu menciptakan query pencarian yang akurat sehingga mampu mempersempit ruang jelajah anda di dunia maya. Hampir sebagian aktivitas kita di internet pastinya memerlukan bantuan Google, bahkan saking dikenalnya banyak istilah bermunculan, beberapa diantaranya adalah “Di Googling aja“, “Cari aja di Mbah Google“, “Tanya saja sama Paman Google“.  Pada artikel kali ini saya ingin berbagi 10 tips pencarian akurat dengan menggunakan mesin pencari Google.com, tips ini dapat bekerja secara efektif dan dapat membantu anda menemukan file atau dokumen yang sedang anda cari.

1. Mencari Informasi sebuah halaman Website

Ketika anda ingin mengetahui informasi indexing sebuah halaman website di mesin pencari Google anda dapat menggunakan sintax berikut ini untuk menemukan hasil pencarian terakurat.

site:http://namawebsite.anda

Contoh : site:http://www.onklik,com

2. Mencari Artikel dari Halaman Website tertentu

Untuk mencari sebuah artikel dari halaman website yang anda gemari anda dapat menggunakan mesin pencari google dengan memasukan sintax berikut pada form pencarian.

artikel site:http://namawesite.anda

Contoh : hosting site:onklik.com

Hasil pencarian diatas akan merujuk pada artikel hosting yang ada pada halaman onklik.com.

3. Mencari Produk online dengan rentang harga tertentu

Google juga mampu melakukan pencarian produk-produk online lengkap dengan harga yang diberikan, untuk mendapatkan hasil pencarian produk dengan rentang harga yang anda inginkan dapat menggunakan sintax berikut.

Nama Produk $10…$50

Contoh : Cannon $10…$50

Hasil pencarian diatas akan merujuk pada produk cannon dengan rentang harga $10 sampai $50.

4. Menghitung Populasi Dunia

Salah satu yang unik dari mesin pencari Google adalah ditanamkannya fitur pencarian jumlah populasi penduduk dunia, negara bahkan kota. anda dapat memasukan sintax berikut pada form pencarian Google.

Population of namakota

contoh : Population of Jakarta

Hasil pencarian diatas merujuk pada jumlah populasi penduduk di kota Jakarta.

5. Melihat Tanggal lahir Seseorang

Jika anda membutuhkan informasi biografi seorang tokoh tertentu anda dapat menggunakan Google untuk menemunkannya, gunakan sintax berikut ini pada form pencarian Google.

Nama Tokoh – Date Of Birth

Contoh : Mancini – date of birth

Hasil pencarian diatas akan merujuk pada biografi Mancini.

Itulah 5 tips penggunaan mesin pencarian Google secara maksimal, ditunggu artikel selanjutanya tentang pencarian tingkat lanjut dengan Google.com, Semoga Bermanfaat – Salam Onklik :).

Related posts