Membuat Distro Linux Sendiri

Membuat Distro Linux Sendiri - Linux merupakan sistem operasi open source yang memiliki banyak sekali varian hal tesebut dikarenan Linux adalah sistem

Cara Sharing Printer di Windows 7
Memperbaiki RAM Yang Rusak
Cara Mengatasi Komputer Lelet

Membuat Distro Linux Sendiri – Linux merupakan sistem operasi open source yang memiliki banyak sekali varian hal tesebut dikarenan Linux adalah sistem operasi yang bersifat bersifat terbuka sehingga bisa diedit atau rebuild oleh siapa saja yang ingin mengembangkannya bahkan tanpa harus memiliki keahlian khusus dibidang programing.

Setiap orang bisa mengembangkan distro linux sendiri-sendiri berdasarkan kode sumber yang ada bahkan anda sendiri juga bisa mewujudkannya hanya dengan melakukan editing terhadap distro linux lain yang sudah ada lalu di rebuild atau dalama istilah distro linux disebut remaster jadi distro turunan yang baru. Salah satu contoh distro linux turunan itu adalah ubuntu. Ubuntu adalah distro turunan dari distro Debian yang merupakan pengembangan langsung dari inti dari sistem operasi linux yang disebut kernel.

Untuk mewujudkan sebuah distro linux pribadi milik anda akan dibahas cara membuat distro linux menggunakan Ubuntu builder, tools ini sendiri merupakan sebuah tool untuk memudahkan anda dalam membuat distro linux sendiri, ubuntu builder akan membantu anda untuk mengekstrak, mendownload, memodifikasi dan membangun ulang file image ubuntu yang anda miliki. Kelebihan lainnya adalah anda bisa memilih distro anda akan support untuk arsitektur i386 atau amd64.

Distro Linux : Ubuntu Builder

Tahap pertama yang harus dipersiapkan adalah sebuah distro linux dalam bentuk ISO file, agar pekerjaan membuat distro linux sendiri tidak eterlalu lama ada baiknya jika anda sudah mempersiapkan file .iso dari ubuntu yang hendak di modifikasi. Lanjutkan dengan mengunduh paket .deb dari ubuntu builder terbaru dengan mengklik link ini. Setelah terdownload install ubuntu builder dengan cara mengklik kanan file ubuntu-builder kemudian klik Open With Ubuntu Software Center.

ubuntubuilder1

Setelah itu akan tampil jendela Ubuntu Software Center, lanjutikan dengan klik install untuk memulai menginstall ubuntu builder.

ubuntubuilder2

Setelah proses installasi selesai, jalankan ubuntu builder melalui dash.

ubuntubuilder3

 

Setelah Ubuntu Builder terbuka langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membuat distro linux adalah melengkapi informasi seputar distro yang akan anda buat, kemudian silahkan buka file ISO yang hendak anda modifikasi dengan mengklik tombol Select ISO.

ubuntubuilder5

Setelah file ISO sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya anda tinggal melakukan perubahan sesui keinginan melalu menu customization sesuai dengan keinginan anda. Jika proses editing selesai anda bisa mengklik tombol build ISO.

ubuntubuilder6

Tunggu sammpai proses remastering distro linux selesai dalam waktu beberapa menit.

Distro Linux : Hasil Remastering

Hasil remastring yang anda buat bisa anda coba sendiri terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah distru linux yang anda buat tadi berjalan dengan baik. Jika percobaan selesai anda dapat menggunakan distro tersebut sesuai dengan kebutuhan atau kapasitas dari distro linux yang telah anda customize tadi, selamat mencoba.

Distro Linux