Jenis-jenis Lensa Kamera

Jenis-jenis Lensa Kamera - Jika anda sedang menekuni bidang fotografi tentunya memahami hal-hal dasar bidang fotografi adalah mutlak, salah satu yang

Website Revolusi Mental Habiskan Dana 140 M
Daftar WeChat via HP & Akun Facebook
Sejarah Sukses Google Inc

Jenis-jenis Lensa Kamera – Jika anda sedang menekuni bidang fotografi tentunya memahami hal-hal dasar bidang fotografi adalah mutlak, salah satu yang menjadi bagian terpenting dari kegiatan ini adalah Lensa Kamera, Sebuah komponen tambahan yang dapat ditambahkan ke Kamera DSLR dengan tujuan mendapatkan hasil jepretan yang sempurna. Untuk anda yang masih awam atau baru mengenal dunia fotografi tentu memerlukan referensi tentang jenis-jenis Lensa Kamera.

Definisi secara umum dari Lensa Kamera adalah alat untuk melengkapi untuk mengambil sebuah gambar atau objek. Tanpa lensa kamera tidak akan menangkap dan merekam gambar. Dalam fotografi, lensa berfungsi untuk memfokuskan cahaya dan mengantarkannya ke dalam badan kamera. Di bagian luar lensa biasanya terdapat tiga cincin panjang focus (untuk lensa jenis variabel), cincin diafragma dan cincin focus.

Lensa Kamera : Jenis & Fungsi

Lensa Kamera Kit (Lensa Standart)

Lebih dikenal dengan lensa normal, berukuran 18-55mm dan memberikan karakter bidikan natural. Gambar yang dihasilkan tidak berbeda jauh dengan apa yang dilihat oleh mata. sebuah lensa yang memetakan citra yang nampak seperti perspektif pandang normal mata manusia. Pemetaan perspektif tersebut didapat karena panjang fokus lensa sebanding dengan jarak diagonal bidang fokal dengan sudut pandang diagonal sekitar 53 derajat.

Lensa Kamera Tele

Lensa Kamera Tele digunakan pada objek yang berjarak cukup jauh dari pemotret. Fungsi lensa ini untuk mendekatkan subjek, namun mempersempit sudut pandang. Yang termasuk lensa tele adalah lensa berukuran 70 mm ke atas. Karena sudut pandangannya sempit, lensa tele akan mengaburkan pandangan sekitarnya. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karenan lensa tele memang di gunakan untuk mendekatkan pandangan dan memfokuskan pada objek yang di tujunya. Lensa ini digunakan oleh fotografer untuk memotret objek dari jarak jauh, seperti foto candid atau landscape.

Lensa Kamera Wide Angle

Lensa Kamera jenis ini dapat digunakan untuk menangkap subjek yang luas dalam ruang sempit. Karakter lensa kamera ini adalah membuat subjek lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dengan lensa kamera jenis ini, kita dapat memotret lebih banyak orang yang berjejer jika dibandingkan dengna lensa kit (standar) di dalam ruangan. Semakin pendek jarak fokusnya maka semakin lebar pandangannya. lensa kamera dengan panjang fokus lebih pendek daripada lensa normal, sesuai dengan ukuran bingkai citra pada bidang film pada kamera film, maupun dimensi sensor foto pada bidang fokal pada kamera digital. Menurut standar fotografi, lensa normal adalah lensa kamera yang mempunyai panjang fokus mendekati panjang diagonal bidang fokal. Lensa sudut lebar dengan panjang fokus yang lebih pendek akan memproyeksikan lingkaran citra yang lebih besar ke bidang fokal.  Ukuran lensa ini beragam mulai dari 11 mm, 17 mm, 24 mm, 28 mm, 35 mm dll.

Lensa Fixed

Lensa Kamera Fixed adalah lensa dengan panjang fokus tunggal. Lensa kamera tetap sering dikatakan mempunyai nilai lebih pada ketajaman hasil citra. Dengan ukuran yang lebih kecil, lensa kamera tetap mempunyai bobot yang lebih ringan dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan lensa zoom pada mutu yang sama. Lensa prima juga mempunyai kelebihan pada kecepatan lensa dan dengan diameter tingkap yang besar (nilai bukaan yang kecil), sebuah lensa tetap menjadi lebih handal untuk digunakan pada pemotretan low light photography dan menimbulkan efek blur dengan kedalaman ruang yang rendah.

Lensa Fish Eye

Lensa Kamera Fish Eye merupakan lensa Wide Angle dengan diameter 8 mm, 10 mm, 14 mm, 15 mm, 16 mm. Lensa kamera ini memberikan pandangan 180 derajat. Gambar yang dihasilkan dari lensa kamera ini akan cenderung melengkung, terdistorsi menjadi oval dan terlihat seperti gepeng.

Lensa Kamera Fokus Tunggal

Lensa kamera fokus tunggal adalah lensa dengan bidang fokus tunggal, biasanya disetel pada jarak hiperfokal. Lensa kamera fokus tunggal didesain untuk mencapai jarak fokal yang maksimum sehingga kedalaman ruang dapat mencapai rentang dari jarak dekat hingga jarak terjauh (jarak hiperfokal).

Lensa Zoom

Merupakan gabungan antara lensa kamera standar, lensa kamera wide angle dan lensa tele. Ukuran lensa tidak fixed, misalnya 80-200 mm. lensa ini cukup fleksibel dan memiliki range lensa yang cukup lebar. Lensa kamera zoom banyak digunakan sebab pemakai tinggal memutar ukuran lensa sesuai yang dibutuhkannya.

Lensa Parfokal

Lensa kamera parfokal adalah sebuah lensa yang mempertahankan ketajaman bidang fokusnya walaupun terjadi perubahan panjang fokus lensa.

Lensa Tilt-Shift

Lensa kamera yang fungsinya meminiaturisasi sebuah foto, yaitu membuat foto dari benda-benda nyata tampak seperti model miniatur dengan memanfaatkan efek penyempitan DoF (Depht of Field), menaikkan saturasi dan penyesuaian kurva. Jadi, Anda bisa melihat obyek-obyek nyata menjelma bak model miniatur. lensa kamera Tilt-shift juga digunakan untuk memotret obyek yang memang model miniatur. Tujuannya adalah untuk menampilkan kedetailan hasil. Obyek ditampilkan close-up tapi tanpa menghilangkan perspektif bentuk aslinya. Secara singkat, Tilt-Shift dapat diartikan sebagai manipulasi pemiringan (tilt) dan atau pergeseran (shift) yang dilakukan terhadap lensa, relatif terhadap posisi sensor kamera.  Salah satu efek yang paling nyata dari penggunaan lensa jenis tilt-shift adalah penyempitan (DOF)  Depth of Field.  Canon mulai mengembangkan lensa tilt-shift sejak tahun 1979. Bagi yang masih memiliki sarana terbatas, pengolahan secara digital bisa jadi alternatif, walaupun mungkin tingkat kepuasannya tentu saja berbeda.

Lensa Kamera Ambiguitas

Istilah prime lens pada awalnya mempunyai arti lensa kamera utama pada sebuah kombinasi sistem lensa.Ketika sebuah lensa kamera digunakan bersamaan dengan misalnya teleconverter, lensa tersebut sering disebut prime lens yang berarti lensa yang utama, dan teleconverter sebagai komponen tambahan. Beberapa pabrikan lensa seperti ARRI Media, ISCO Precision Optics, Schneider Kreuznach, Carl Zeiss, Canon masih memasarkan produk lensa variabel mereka dengan istilah variable prime sehingga dapat menimbulkan kesan seakan-akan produk tersebut berupa lensa parfokal.

Lensa Kamera