Rumus Excel Menghitung Umur

Excel - Onklik, Tak terasa hampir sebulan laman onklik hadir tanpa berita terupdate, diawal oktober onklik banyak mendapatkan masukan dari para sahaba

Web Browser dengan Visual Basic 6.0
Membuat Piano Dengan VB 6.0
Sharing File Lewat Wifi Windows 7

Excel – Onklik, Tak terasa hampir sebulan laman onklik hadir tanpa berita terupdate, diawal oktober onklik banyak mendapatkan masukan dari para sahabat untuk berbagi artikel tentang tutorial windows, linux, microsoft office, photoshop, dan aplikasi kerja lainnya.

Untuk itu pada artikel ini onklik akan membahas tentang Rumus Microsoft Excel untuk menghitung usia dari tanggal lahir yang ada, kebetulan sekali ini merupakan salah satu materi yang saya ajarkan beberapa pekan yang lalu pada sebuah lembaga pendidikan tempat saya bekerja.

Langkahnya cukup mudah, pertama-tama siapkan dulu kertas kerja excel, kemudian buat sebuat Sheet baru (kita ambil contoh Sheet1). Lanjutkan dengan membuat sebuah tabel yang berisi Nama, Tanggal lahir dan Usia. Masukan Nama dan Tanggal lahir pada field yang tersedia seperti gambar dibawah ini, perlu diingat pada field tanggal lahir ubah dahulu setiap cells dengan format date.

excel1

 

Setelah itu lanjutkan dengan memasukan rumus dibawah ini untuk menghitung umur pada field usia yang telah dibuat.
=DATEDIF(B2,TODAY(),"Y") & " Tahun"
Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.
excel2
Keterangan :
B2 = Cell Kolom Tanggal lahir.
TODAY() = Tanggal hari ini.
Y = Format dalam tahun.
Tahun = Caption tahun.

Rumus diatas akan mengasilkan formula angka hasil pengurangan tahun sekarang dengan tahun lahir yang diinput. selain itu ada beberapa format hitung baik dalam detail bulan maupun hitungan lahir.

Berikut beberapa contoh penerapannya.

Menghitung detail tahun  dan bulan lahir.
=Datedif(B2,TODAY(),"y")&" Tahun "&Datedif(B2,TODAY(),"ym")&" Bulan “
Menghitung detail tahun, bulan dan hari lahir.
=Datedif(B2,TODAY(),"y")&" Tahun "&Datedif(B2,TODAY(),"Y")&"Bulan “&Datedif(B2,TODAY(),"md")&" Hari"

Mudah bukan, perlu diingitat parameter koma (,) pada pemisah string dapat diganti dengan titik-koma(;), hasil yang didapat pun akan sama. Semoga artikel ini bermanfaat – salam Onklik :).

excel