Mengoptimalkan Kinerja RAM Android

Android - Onklik, Mobile OS Android belakangan menjadi primadona bagi para pengguna ponsel pintar maupun gadget, tersedianya bermacam game serta aplik

Aplikasi Deteksi Lagu – Android
Cara Root Samsung Galaxy Note II
Telkomsel Young Neo 6 Bulan Gratis Bundling

Android – Onklik, Mobile OS Android belakangan menjadi primadona bagi para pengguna ponsel pintar maupun gadget, tersedianya bermacam game serta aplikasi di Play Store Google membuat pecinta Android tak mau ketinggalan untuk mengupdate OS kesayangannya. Tanpa disadarai tindakan tersebut berpengaruh terhadap kinerja Android khususnya penggunaan RAM. Bagi smartphone yang memiliki RAM berukuran cukup besar mungkin hal seperti ini bukanlah masalah, namun bagi yang memiliki RAM berukuran kecil hal ini jelas akan menjadi masalah.

RAM Android yang penuh akan berefek pada melambatnya kinerja smartphone dan mengakibatkan lag saat membuka aplikasi maupun game. Untuk itu lewat artikel ini Onklik akan berbagi Tips mengoptimalkan Kinerja RAM pada Mobile OS Android.

Matikan Koneksi Nirkabel

Koneksi nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth secara berkala melakukan scanning koneksi yang tersedia dan proses ini lumayan memakan RAM. Oleh karena itu, koneksi ini lebih baik dimatikan jika tidak digunakan.

Minimalisir Penggunaan Widget

Walaupun widget bisa membuat home screen Android menjadi indah dan menawarkan kemudahan, namun dibalik itu widget-widget tersebut sangat rakus akan memory dan membuat Android Anda menjadi lambat. Bahkan beberapa widget melakukan update melalui internet tiap menitnya, yang tentu memakan kapasitas RAM dan juga baterai. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menghapus beberapa widget yang jarang atau bahkan tidak diperlukan. Untuk menghapus widget-widget yang tidak diperlukan caranya cukup mudah, tinggal pencet widget agak lama lalu tarik ke ikon tempat sampah untuk menghapusnya

Matikan Aplikasi yang tidak perlu atau tidak sedang digunakan

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan. Caranya, silahkan masuk ke Settings kemudian buka Apps, lalu pilih Running. Disana Anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang berjaln. Untuk cara mematikannya, cukup buka kemudian klik Stop untuk mematikan aplikasi tersebut.

Gunakan Aplikasi XBooster

Pada awalnya, nama aplikasi ini adalah Boost My Xperia. Dibuat oleh seorang member forum XDA, dan aplikasi ini banyak digunakan pada berbagai custom ROM xperia yang muncul kemudian hari.Namun saat ini, aplikasi ini sudah tersedia secara global untuk semua merk Android (tidak hanya Xperia) dan membawa nama XBooster. Fungsi dari aplikasi ini adalah melakukkan boosting RAM Android. Singkatnya, mirip dengan task killer namun lebih bagus dalam performanya. Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis di sini.

Buang Aplikasi Sampah

Android adalah gudangnya aplikasi dan permainan gratisan. Banyaknya barang gratisan ini tentu membuat kita haus untuk memngunduhnya. Padahal tidak semua aplikasi atau game yang kita unduh sering kita gunakan atau kita butuhkan, akibatnya malah membebani memory karena beberapa aplikasi sering berjalan di background. Cobalah untuk melakukan audit, aplikasi atau permainan apa yang jarang kita pakai. Lalu lakukan optimalisasi RAM Android dengan menghapus aplikasi-aplikasi “sampah” tersebut. Selain melegakan RAM, media penyimpanan ponsel juga akan lebih lega pula.

Hapus Aplikasi yang Memakan RAM Besar

Jika memang tidak terlalu diperlukan, Anda bisa menghapus aplikasi yang tergolong memakan ram besar. Pengecekan seberapa besar penggunaan RAM bisa Anda lihat pada Settings, kemudian buka Apps, kemudian pilih Running.

 Gunakan Aplikasi RAM Manager

RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro. Berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM Android sesuai kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk memori bebas lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari, multitasking mode untuk multitasking berat, sampai mode hard gaming untuk penggunaan game berat. Anda dapat mengunduh aplikasi RAM manager ini di sini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat pengguna Android OS, Hal terpenting yang perlu sahabat lakukan untuk menjaga kinerja Android adalah jangan terlalu sering bergonta-ganti aplikasi yang berhubungan dengan System, sepeti perubahan Font, perubahan status Roor dan lainnya, ahkir kata salam Onklik :).

MTK6589