Masalah Pemborosan Baterai Android

Android - Onklik, Ponsel Pintar bersistem operasi Android belakangan memang menjadi pilihan terdepan karena fitur dan pilihan aplikasi yang begitu ber

Aplikasi Launcher Theme Android
Cara Menghemat Kuota Internet Android
Aplikasi Deteksi Lagu – Android

Android – Onklik, Ponsel Pintar bersistem operasi Android belakangan memang menjadi pilihan terdepan karena fitur dan pilihan aplikasi yang begitu beragam, namun dibalik itu para penggunanya sering dipusingkan dengan penggunaan anergi baterai yang terbilang sangat boros.

Masalah tersebut bukan karena ketahanan energi baterai yang lemah namun lebih dipengaruhi sistem penginstalan aplikasi yang terpasang pada perangkat Android tersebut, hal tersebut terbukti karena beberapa aplikasi yang terinstal menerapkan metode perekaman data di ponsel sehingga secara terus menerus proses load memory Android berlangsung tanpa henti. Berikut beberapa Aplikasi piranti Android yang paling banyak memangkas penggunaan daya baterai Android Anda.

Google Now

Google now merupakan salah satu aplikasi terbaik yang dimiliki oleh Google di Android, aplikasi ini akan memberikan Anda berbagai macam informasi yang mungkin Anda perlukan. Sayangnya, aplikasi ini menjalankan servis background dengan penggunaan resource memory yang cukup besar sehingga akan mempengaruhi kinerja baterai Android anda, saran onklik tinggalkan saja Aplikasi ini kemudian update informasi anda dengan browser bawaan Androdi atau Opera Mini yang tidak memakan resource memory yang cukup banyak.

Google Currents

Google Currents merupakan aplikasi yang akan menggantikan Google Reader. Aplikasi ini mampu menampilkan tampilan seperti majalah untuk pengguna Android 4.1 ke atas. Sayangnya, aplikasi ini merupakan salah satu pemboros terbesar dari baterai Anda, aplikasi ini terus menerus berjalan di background servis untuk mencari konten baru, sehingga perangkat Anda yang terus tersambung ke internet membuat kinerja Ponsel melambat dan memakan energi baterai yang cukup banyak, berpikirlah dua kali untuk menggunakannya.

Google+

Aplikasi Google+ dapat secara otomatis mengaktifkan mikrofon dan kamera depan di ponsel Anda. hal tersebut dapat terjadi jika Anda tidak sengaja mengaktifkannya. Selain itu, aplikasi ini juga selalu berjalan di background untuk mengirimkan notifikasi secara langsung. Oleh karena itu, jika Anda tidak terlalu aktif menggunakan aplikasi Google+ ini, maka lebih baik bagi Anda untuk menonaktifkannya dengan membuka opsi setting kemudian pilih log out.

Instant Upload

Instant Upload bukanlah sebuah aplikasi, namun ia adalah sebuah fitur yang ada di dalam aplikasi Google+. Fitur ini akan secara otomatis mengunggah foto yang Anda miliki ke akun Anda. Selain menghabiskan baterai, fitur ini juga akan banyak menyedot kuota internet Anda. Untuk mematikannya, Anda dapat masuk ke Menu -> Settings -> Instant Upload.

Google Maps

Tidak mengherankan lagi jika Google Maps termasuk ke dalam aplikasi yang banyak menghabiskan baterai. Pasalnya, aplikasi ini menggunakan GPS untuk mendapatkan lokasi yang akurat. Jika Anda jarang menggunakannya, maka lebih baik Anda mematikan aplikasi ini dengan cara masuk ke Settings -> Location Service -> Uncheck Report from this device.

Google Latitude

Google Latitude merupakan aplikasi yang mirip dengan Google Maps karena sama-sama menggunakan GPS. Untuk mematikan layanan aplikasi ini, Anda dapat masuk ke Menu -> Setting -> Location, kemudian hilangkan ceklis pada Enable location sharing.

Google Talk

Google Talk merupakan aplikasi yang akan berjalan di background secara terus menerus meskipun Anda tidak menggunakannya. Bahkan, status Anda juga akan terlihat sebagai aktif selama seharian penuh. Hal ini tentu saja akan langsung menyedot kapasitas baterai Android Anda. oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk tidak mengaktifkan layanan aplikasi ini. Caranya, buka aplikasi Google Talk kemudian sign out dari akun Anda.

Wechat

Wecaht adalah Aplikasi mobile chat yang bekerja mentimpan servis background pada OS Android, servis tersebut akan bekerja tersu menerus untuk mengupdate setiap notifikasi yang berjalan di Akun WeChat yang terinstall, bagi anda pengguna aplikasi ini sering-seringlah melakukan Logout untuk menghemat penggunaan energi baterai Android anda.

WordPress / Blogspot

Kedua Aplikasi ini tentu sangat penting bagi seorang blogger yang menggunakan Android untuk mengupdate posting blog mereka, perlu diketahui kedua aplikasi diatas bekerja secara terus menerus dengan menjalankan servis background pada OS Android, namun tak perlu kuatir karena proses kedua aplikasi ini tidak begitu memakan resource memory seperti beberapa aplikasi sebelumnya.

List aplikasi diatas diambil berdasarkan pengalaman penulis menggunakan Samsung Galaxy yang terintegrasi dengan OS Android, bagi anda yang memiliki kedala sama ada baiknya memperhatikan lagi Aplikasi-aplikasi apa saja yang dianggap penting dan berguna, selain itu perikasi juga aplikasi-aplikasi gratisan yang sering menjalankan Pop Up Iklan pada background servis Android anda, semoga artikel ini bermanfaat – salam Onklik :).

baterai-android