Cara Menghemat Kuota Internet Android

  • Whatsapp

Android – Onklik, Ponsel pintar berbasis Android memang menjadi primadona saat ini, bayangkan saja disetiap detiknya Google mencatat ada sekitar ratusan ponsel dengan Sistem Operasi berbasis Android diaktifkan.

Namun dibalik itu ada sedikit kendala bagi mereka yang baru mengenal Sistem Operasi yang satu ini, alasannya banyak dari mereka harus kehilangan pulsa karena akses internet yang tak terduga, hal tersebut beralasan karena hampir 70% aktivitas background services Android selalu membutuhkan akses internet. Biasanya langkah satu-satunya yang diambil sang pengguna adalah dengan mematikan Data Paket pada ponsel, namun karena tujuan dari digunakannya Android adalah untuk mengakses informasi dan berita dari Internet maka hal tersebut sangat disayangkan.

Lewat artikel ini Onklik akan berbagi kepada sahabat Cara Menghemat kuota penggunaan Internet Android dengan menerapkan beberapa langkah mudah & menggunakan aplikasi Manager kuota penggunaan bandwith 3G.

Cara Menghemat Kuota Internet Android

Android sangat interaktif saat digunakan untuk berinternet karena banyak jejaring sosial yang sifatnya basic, seperti gmail/google plus, facebook, dan twitter langsung terhubung dan aktif saat internet terkoneksi. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan penyetingan dasar pada Ponsel android.

caranya masuk kepengaturan > Akun & Sinkronasi > Matikan Data Latar Belakang & Sinkron Otomatis.

Selain itu sahabat juga wajib mematikan fitur Jelajah Data caranya.

Pengaturan > Nirkabel & jaringan > Jaringan Selular > Matikan fitur Jelajah Data

Tidak sampai disitu jika anda wajib menggunakan sebuah aplikasi manager untuk mengontrol penggunaan kuota internet anda, salah satu aplikasi yang menjadi andalan onklik untuk mengontrol penggunaan bandwith adalah 3G Watchdog. Aplikasi tersebut berfungsi untuk memonitor dan mengontrol koneksi internet mobile, baik itu 4G,3G,Edge, maupun GPRS dengan cara memberikan batas kuota akses data.

Download 3G Watchdog Disini

Setelah Aplikasi terpasang, masuk ke menu setting, dan anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

Watchdog-1

Dari contoh gambar diatas kuota 1GB akan digunakan selama 1 bulan dan jika dalam waktu kurang dari sebulan kuota 1GB tadi sudah habis, maka internet secara otomatis akan mati dan tidka bisa digunakan. Untuk melihat data yang sudah anda gunakan atau berapa sisa kuota anda, bisa melihat pada data usage. Screenshotnya seperti yang ada pada gamabr dibawah ini:

Watchdog-2

Gambaran diatas menampilkan statistik kuota dari penggunaan internet anda di 3G Watchdog.  Dengan sistem manage Aplikasi tersebut anda tak perlu kuatir lagi harus kehilangan banyak pulsa yang tak terduka pada piranti Android Anda. Semoga artikel ini bermanfaa bagi sahabata – salam Onklik :).

Watchdog

Related posts