Cara Memperbaiki Flash Disk Yang Rusak

Tips & Trik - Onklik, Mengingat sudah beberapa pekan onklik tak pernah berbagi bahasan tentang Tips & Trik, lewat artikel kali ini akan dibaha

Resize Video Cam Camfrog
Cara Blokir Nomor HP Penipuan
Mempercepat Browser Firefox

Tips & Trik – Onklik, Mengingat sudah beberapa pekan onklik tak pernah berbagi bahasan tentang Tips & Trik, lewat artikel kali ini akan dibahas solusi memperbaiki Flash Disk yang rusak (tak bisa diformat menggunakan OS).

Siapa yang tak kenal Flash Disk, piranti kecil yang satu ini sepertinya wajib dimiliki para pengguna PC maupun Notebook, entah itu pekerja kantoran, pelajar, arsitek dan lainnya. Walaupun berukuran kecil piranti ini memiliki fungsi yang sangat penting, pekerjaan memindahkan data dari PC satu ke yang lainnya terasa sangat mudah karena kehadirannya.

Namun yang namanya media berbasis penyimpanan data sudah tentu rentan terhadapa kerusakan, entah itu karena Virus, gangguan Voltase listrik pada IC Flash Disk, ataupun error pada IO sistem. Jika ketiga masalah diatas pernah sahabat hadapi masih mungkin piranti Falsh Disk sahabat dapat direparasi.

Untuk itu lewat artikel ini Onklik akan berbagi langkah-langkah reparasi Flash Disk karena kerusakan Software (Masalah pada IO system, Virus maupun ukuran falsh Disk 0 Kb). Ada beberapa langkah yang dapat bisa menjadi solusi dari masalah tersebut, mulai dari tahap Format menggunakan tools tambahan sampai pada tahap Flashing Device Flash Disk.

1. Format Flashdisk Tool Tambahan

Pada beberapa kasus Flash Disk yang berukuran 0 byte bisa dengan mudah di perbaiki menggunakan tools HP USB Disk Storage Format Tool, akan tetapi tidak semuanya berhasil. Anda dapat menggunakan Tools ini sebelum mencoba cara selanjutnya.

2. Melakukan Low Level Format

Langkah ini dapat sahabat lakukan jika gagal dilangkah pertama, lain dari itu indikasi atau gejala kerusakan yang dapat diperbaiki adalah sebagai berikut.

  1. Properties Flashdisk terbaca 0 byte.
  2. Muncul pesan “Please insert a disk into drive x:
  3. Muncul pesan “device media is write-protected
  4. Muncul pesan “There is no media in the specified device

Gunakan salah satu dari tools-tols dibawah ini untuk mereparasinya.

HP USB Disk Storage Format Tools  – download disini

HP Drive Boot Utility  – download disini

Super Stick Recovery Tools  – download disini

Flashdisk Repair  – download disini

JetFlash Recovery Tool  download disini

Kumpulan tools diatas cara penggunaannya hampir sama dengan pengoperasian Format Pada Sistem Operasi Windows, jadi tak perlu lagi onklik jelaskan cara kerjanya, cukup lakukan instalasi kemudian jalankan aplikasi sesuai dengan petunjuk yang ada.

3. Melakukan Flashing ROM Flash Disk

Jika kedua cara diatas belum juga menemui hasil, solusi terakhir adalah melakukan flashing ROM Flash Disk, langkah-langkahnya cukup mudah. Dengan bermodalkan tools identifikasi device Flashdisk dan ROM file untuk melakukan Flashing, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Download dahulu USBVIEW untuk membaca device Flashdisk >  Download.

Setelah tools diunduh cabut dahulu semua piranti Flashdisk, dan masukan Flashdisk yang akan direparasi.

Buka Aplikasi USBVIEW, tampilannya akan nampak seperti gambar dibawah ini.

Flashdisk-1

Lanjutkan dengan membuka laman FLASHBOOT.RU

Masukan idVendor & idProduct Flashdisk pada box VID & PID

Flashdisk-2

Dari hasil pencarian catat tools Utilities yang dapat digunakan untuk melakukan Flashing.

Flashdisk-3

Lanjutkan dengan membuka List Tools DISINI dan masukan nama tools untuk proses Download.

Flashdisk-4

Setelah diunduh/download, lakukan proses Flashing dengan tools yang ada sesuai petunjuk. Jika anda mengalami kesulitan dapat meninggalkan pertanyaan pada kolom Komentar.

NB : Tips ini tidak berlaku bagi FD yang rusak secara fisik, artinya FD rusak karena terbakar, jatuh, tertindih benda keras atau lainnya yang mengakibatkan FD dalam keadaan cacat secara fisik.

Semoga artikel tentang Cara Memperbaiki Flash Disk Yang Rusak bermanfaat bagi sahabat, salam Onklik  🙂

Flashdisk