Sejarah Sukses Google Inc

Artikel Onklik - Google Inc, sebuah nama yang pastinya tidak asing lagi dikalangan netter, bagaimana tidak hampir miliyaran orang di dunia tiap detikn

Planet Yang Mirip Dengan Bumi
Nilai Jual Twitter Capai Rp 106 Triliun
Penampakan UFO Pertama di Bumi

Artikel Onklik – Google Inc, sebuah nama yang pastinya tidak asing lagi dikalangan netter, bagaimana tidak hampir miliyaran orang di dunia tiap detiknya bergantung pada mesin pencari yang satu ini. Namun sudahkah anda mengetahui sejarah sukses lahirnya mesin pencari yang satu ini, berikut Onklik berbagi untuk anda cikal bakal lahirnya Google sebagai raksasa mesin pencari di Dunia.

Google lahir dari sebuah pertgemuan yang tanpa disengaja antara Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford, hingga pada Januari 1996 mereka mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan sebuah Search Engine yang diberi nama BackRub. 1998 Teknologi Search Engine itu terus disempurnakan, keduanya mulai mencari investor untuk mengembangkan fitur mesin pencari mereka.

Akhirnya suntikan dana didapatkan, sang penyumbang adalah Andy Bechtolsheim teman kampus mereka yang adalah pendiri Sun Microsystem, sebuah cek senilai 100 ribu dollar AS digelontorkan, uniknya pada cek tersebut tertulis atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Inverstor Silicon Valley, Michael Moritz dan Jhon Doer juga bisa diyakinkan untuk menyuntikan dana senilai 12,5 juta dollar AS ke perusahaan Google yang pada 7 Desember 1998 resmi didirikan. Kantor pertamanya adalah sebuah ruang garasi rumah milik teman mereka di Menlo Park, California. Pada tahun 1999 Google Inc pindah ke kantor yang baru di 165 University Ace Palo Alto California sebelum akhirnya pindah ke Googleplex pada akhir tahun tersebut.

larry page - sergey brinLarry dan Sergey terus menjalankan mesin pencari Google hingga tahun 2001. Setelah itu mereka merekrut Eric E. Schdimt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google, Google kini menjadi perusahaan yang paling berpengaruh di dunia Internet, termasuk karena Blogger.com serta Youtube sudah mereka akusisi.

Googleplex menjadi tempat bekerja yang sangat nyaman, karena dilengkapi dengn sarana dan prasarana seperti kolam renang, bar, billiard room, lapangan futsal, voly pantai, makanan gratis, minuman kesehatan cuma-cuma dan cemilan yang berlimpah. Terlebih lagi, suasana kerja yang rileks karena karyawan Google diperbolehkan untuk hanya mengenakan kaus dan  celana jeans, sehingga apabila kita melihat suasana Googleplex hanya para tamu saja yang menggunakan pakaian-pakaian resmi.

Sebuah artikel yang ditulis oleh wartawan daru Fortune, Freg Vogelstein berjudul “Why Google Scares Bill Gates” menjelaskan persaingan di antara Google dengan Microsoft. Ini membuktikan betapa hebatnya Google saat ini, sehingga raksasa seperti Microsoft yang sudah berusia 25 tahun lebih harus menerapkan berbagai strategi untuk bersaing dengannya, ini terlihat nyata dengan rencana akusisi Yahoo.com ketika itu meskipun akhirnya gagal.

Dibalik semua dunia kerja, Google juga melakukan kerja-kerja sosial dengan mendirikan Google.org. Misi dari organisasi ini adalah untuk membantu kampanye soal perubahan iklim, pemanasan global, juga kesehatan dan kemiskinan global. Luar biasa buka kiprah Google Inc semenjak lahir hingga sekarang berdiri kokoh sebagai sebuah raksasa bisnis dunia – Semoga artikel ini bermanfaat, salam onklik :).