Samsung Siapkan Teknologi Jaringan 5G

  • Whatsapp

Teknologi Onklik – Baru0baru ini Samsung Electronics mengumumkan telah berhasil menguji teknologi nirkabel generasi kelima (5G). Teknologi terbaru itu dapat memungkinkan pengguna mengunduh film super high definition (HD) hanya dalam waktu satu detik.

Phys Org melansir pada (13/05/2013) perusahaan asal Korea Selatan itu mengklaim telah menemukan formula baru untuk mentransmisi data melalui pita frekuensi yang jauh lebih cepat dari yang digunakan saat ini. Hasilnya, pengguna dapat mengirimkan file berukuran besar waktu yang sangat singkat.

Diberitakan juga para pengguna yang ingin menggunakan teknologi 5G besutan Samsung harus menunggu lagi. Pasalnya, teknologi anyar ini masih dalam tahap persiapan, dan akan mulai digunakan secara komersil pada tahun 2020, atau tujuh tahun dari sekarang, wah lumayan lama juga :).

Hal tersebut dikarenakan target Samsung untuk mewujudkan teknologi 5G itu disesuaikan dengan roadmap Uni Eropa. Awal tahun ini, Uni Eropa mengumumkan telah menginvestasikan 50 juta euro, setara Rp486 miliar, untuk penelitian jaringan 5G agar bisa digunakan secara luas pada tahun 2020.

Seperti yang kita ketahui jaringan 4G LTE saja bisa mencapai kecepatan 75 megabit per second. Pihak dari Samsung sendiri mengakui bahwa untuk mengembangkan jaringan ini mereka tidak mengalami kesulitan, karena jaringan ini sudah diujicobakan pada platform yang menggunakan waveband dengan kecepatan 28GHz guna mentransmisikan data dalam kecepatan 1Gbps.
Namun uji coba ini masih perlu dilakukan oleh Samsung dibeberapa negara sample dan beberapa negara seperti Cina dan Uni Eropa sudah siap menguji coba teknologi ini, salam Onklik :).

samsung

Related posts