Planet Yang Mirip Dengan Bumi

Sains Onklik - Alam semesta memang masih menyimpan beribu misteri dan rahasia, hingga kini dengan teknologi tinggi sekalipun manusia khususnya para a

Website Revolusi Mental Habiskan Dana 140 M
5 Tips Menggunakan Google Vol.I
Daftar Telkomsel School Community

Sains Onklik – Alam semesta memang masih menyimpan beribu misteri dan rahasia, hingga kini dengan teknologi tinggi sekalipun manusia khususnya para ahli memang sudah bisa mengetahui sebagian kecil benda langit yang ada di luar bumi namun untuk mengetahui ada tidaknya kehidupan mereka masih hanya sekedar mereka-reka dan memprediksi.

Berhubungan dengan pencarian Planet baru yang mempunyai kesamaan dengan Bumi para astronot tak hentinya mencari planet baru yang bisa dihuni manusia. Harapan itu muncul ketika sekelompok astronot berhasil menemukan sebuah planet. Dari penelitian awal, planet ini sangat berpeluang dihuni manusia. Sebab memiliki kemiripan dengan bumi. Dikutip dari laman Dailymail, planet yang terdeteksi lewat teleskop dari bumi itu, berbatu seperti laiknya bumi yang kita huni ini. Selain itu, dia juga mengorbit dengan ‘zona hunian’ dengan suhu yang cocok untuk keberadaan air di permukaan. Suhu permukaan bisa jadi mirip bumi. “Planet baru ini kandidat terbaik yang menyediakan air, dan mungkin kehidupan,” kata pemimpin penelitian ini, Guillem Anglada-Escudé.

Planet yang terdeteksi teleskop di European Southern Observatory ini memiliki bobot 4,5 kali bumi dan mengorbit pada satu bintang yang disebut GJ 667C dengan jarak 22 tahun cahaya dari bumi. Dalam konteks galaksi, dia tetangga kita. Dikutip dari laman Telegraph, planet ini mengorbit pada bintangnya dengan periode 28,15 hari, hampir sama dengan bumi kepada matahari. Planet ini dinamai GJ 667Cc.

kembaran-bumi“Planet ini mengorbit di sistem tiga bintang. Tapi dua lainnya sangat jauh. Tapi, keduanya akan terlihat cantik di langit,” kata  Steven Vogt, seorang profesor astronomi. Dua bintang lainnya hanyalah bintang kerdil berwarna oranye. Ada tiga planet yang mengorbit dekat bintang ini.

Selain itu, bintang ini memiliki susunan kimia yang berbeda dengan matahari dengan kandungan elemen berberat jenis lebih besar dari helium seperti besi, karbon, dan silikon. Keberadaan planet terbaru ini, menunjukkan bahwa galaksi kita penuh dengan miliaran planet berbatu yang berpotensi untuk dihuni manusia. “Dengan kemunculan instrumen-instrumen generasi baru, ilmuwan dimampukan untuk meneliti bintang-bintang kerdil dengan planet-planetnya dan akhirnya menemukan tanda-tanda kehidupan di sana,” tambah Anglada-Escudé.

GJ 667C sudah diketahui memiliki planet besar dekatnya tapi tidak pernah dipublikasikan. Saking dekatnya dengan bintang, planet itu diduga bersuhu terlalu panas untuk keberadaan air. Studi ini baru saja dimulai untuk mencari parameter orbital planet yang disebut super Bumi ini. Dia mengorbit dengan periode 75 hari.  Tim peneliti kemudian menemukan sinyal jelas mengenai keberadaan planet baru lainnya. Salam Onklik :).