Tips Merawat Hard Disk PC/Notebook

Salam onklik, Hard Disk atau media penyimpanan pada PC/Notebook adalah sebuah media yang memiliki peranan cukup vital dalam pengoperasian sebuah kompu

Cara Reset Password Windows 7
Memperbaiki RAM Yang Rusak
Software Karaoke Untuk PC

Salam onklik, Hard Disk atau media penyimpanan pada PC/Notebook adalah sebuah media yang memiliki peranan cukup vital dalam pengoperasian sebuah komputer/notebook. Dikatakan vital karena semua data yang digunakan dalam mengoperasikan sebuah system disimpan didalam media, mulai dari Sistem Operasi hingga office data disimpan didalam media ini.

Dalam kurun waktu 5 tahun terkahir media Hard Disk telah hadir dengan berbagai macam kapasitas ukuran (biasanya dipasaran berukuran 80GB sampai 2 TB) dan terdiri dari 2 type yaitu type 3.5 untuk hardisk berukuran besar (digunakan untuk PC) dan type 2.5 untuk harddisk berukuran kecil (digunakan untuk Notebook/Hard Eksternal), penggunaan I/O dibagi menjadi 2 yaitu HDD SATA (SATA Cable) dan HDD ATA (ATA Cable).

Pada prinsip kerjanya HDD memiliki sebuah piringan besi (Platter) dengan penggerak motor yang bekerja menggerakan Head untuk melakukan proses input – output data, dengan proses kerja demikian membuat media yang satu ini sangat sensitif terhadapa getaran ketika sedang beroperasi, lain dari itu penyimpanan yang bertumpuk dan tak beraturan dapat menimbulakan terjadinya kerusakan pada Platter atau sering diistilahkan dengan Bad Sector.

Jika kasus demikian menimpa media penyimpanan anda, sesegera mungkin lakukan perawatan secara berkala dengan tujuan menjaga umur Hard Disk yang anda miliki, berikut beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk merawat Hard Disk anda.

1. Lakukan Defragment berkala (setiap 3 bulan)

Untuk melakukan buka explorer anda, kemudian menuju ke Drive C, Klik kanan lalu pilih Properties. Pada menu Properties pilih Tools kemudian lihat menu Defragment Now ….

Setelah itu akan tampak Pilihan Defragment Hard Disk, Pilih Nama Drive yang akan di Defrag (bertahap dari Driver teratas kebawah) kemudian dilanjutkan dengan memilih Defragment Disk.

Tunggu hingga proses Defrag selesai (biasanya memakan waktu 1 – 5 jam) tergantung dari kapasitas Hard Disk anda. Setelah proses Defrag selesai anda akan merasakan Komputer/PC anda bertambah ringan kinerjanya.

2. Lakukan Disk Clean Up Berkala (Sekali Sebulan)

Disk Clean Up merupakan salah satu cara membersihkan file-file sampah yang tidak terpakai seperti Temp, Sisa-sia intalasi yang dihapus, Story Restore sistem dan lainnya. Cara melakukan proses Disk Clean Up cukup mudah, pertama-tama pergike Drive yang akan di Clean Up, (ambil contoh Drive C) klik kanan pada drive, pilih Properties, kemudian pilih Tab General lanjutkan dengan memilih Disk Clean Up.

Langkah selanjutnya, tunggu proses pengecekan dan load selesai. Setelah itu akan nampak fitur pilihan Disk Clean Up, ikuti gambar dibawah ini untuk settingannya.

Tunggu hingga proses selesai kemudian perhatikan kapasitas Hard Disk anda, akan bertambah beberapa persen dari sebelumnya.

3. Menjaga Kapasitas Hard Disk.

Untuk mewujudkan kesehatan Hard Disk (agar tahan lama) ada baiknya anda cukup menggunakan 75% isi hardisk, selalu sisakan 25% kapasitas pada Hard Disk anda.

Semoga dengan beberapa tips diatas Hard Disk anda dapat bertahan dengan umur yang lebih panjang, akhir kata semoga artikel ini berguna bagi anda – salam onklik :).